Kamis, 11 Oktober 2012

Makrab Ilmu Pemerintahan 2012

MAKRAB, mungkin kata-kata itu sudah sangat familiar di kalangan mahasiswa pada umumnya. Makrab (Malam Keakraban) itu adalah acara lanjutan dari kegiatan Mataf (Masa Ta’aruf) yang bertujuan untuk lebih dekat dan akrab dengan teman-teman yang satu jurusan. Makrab itu berbeda dengan Mataf yang kegiatannya bertempat di sekitar lingkungan kampus saja, namun biasanya Makrab dilaksanakan di luar kampus.

Makrab itu dilaksanakan hanya dengan 1 jurusan yang sama saja, jadi tiap jurusan juga akan melaksanakan Makrab untuk teman-teman mahasiswa baru. Di jogja ini cukup banyak tempat yang bagus dan cocok untuk melaksanakan Makrab ada bisa di pantai, pegunungan, atau tmpat camp perkemahan juga banyak.

Untuk Makrab Ilmu Pemerintahan Alhamdulillah telah selesai dilaksanakan kemarin pada 23-24 September 2012 yang bertempat di camp Wonogondang kab. Sleman. Meski acara hanya 2 hari namun teman-teman panitia telah mempersiapkan jauh-jauh hari segala keperluan agar Makrab tahun ini sukses dalam pelaksanaannya.

Teman-teman mahasiswa baru Ilmu Pemerintahan sangat antusias untuk mengikuti acara ini, buktinya yang mendaftar Makrab saja mencapai lebih dari 100 orang meski yang bisa hadir tidak semua yang daftar karena mereka ada keperluan yang tidak bisa ditinggalkan pada tanggal segitu.

Untuk keberangkatan menuju lokasi Makrab mahasiswa baru menempuh perjalanan sekitar 1 jam dari UMY naik Bus yang sudah disiapkan oleh panitia. Sesampai di lokasi teman-teman langsung menaruh barang bawaan mereka dan menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar yang sangat dingin serta mempersiapkan acara pembukaan pada minggu 23 sept 2012 pukul 19.00 WIB. Pembukaan juga di hadiri oleh Kepala Jurusan Ilmu Pemerintahan bapak Suranto, Dr., M.pol. yang langsung membuka acara Makrab secara resmi pada malam harinya itu.

Setelah acara Makrab resmi di buka, dilanjutkan dengan acara selanjutnya yaitu perkenalan Struktur kepengurusan KOMAP. Setelah itu saatnya DPM(Dewan Perwakilan Mahasiswa) yang memperkenalkan kepengurusaannya. Setelah acara semua itu selesai maka saatnya acara PENSI(Pentas Seni), teman-teman semua sangat senang karena Pensi juga diiringi dengan music yang membuat mereka menjadi semangat dan tidak mengantuk lagi. Tidak terasa malam telah sangat larut sehingga dinihari pun menjelang, sudah saatnya teman-teman istirahat untuk mempersiapkan tenaga dalam kegiatan Outbond besoknya.

Pagi harinya mereka terbangun dengan dinginnya lingkungan sekitar, dan sudah siap untuk melaksanakan senam pagi bersama. Setelah itu mereka langsung mandi dan siap untuk sarapan pagi bersama-sama yang bertujuan untuk meningkatkan rasa kebersaamaan mereka semakin besar.

Setelah sarapan pagi saatnya mereka mempersiapkan diri untuk outbond. Untuk outbond teman-teman panitia telah menyusun permainan yang menyenangkan untuk peserta seperti Tarzan kota,Tembok Berlin, engkleng, estafet, bamboo gila, pipa bocor dll. Dalam kegiatan outbond ini peserta sangat senang mengikuti itu bisa terlihat dari baju mereka yang pada kotor, mereka rela baju putih yang dipakainya menjadi kotor demi mengikuti acar outbond.

Setelah matahari sudah terasa sangat terik, saatnya outbond di hentikan dan waktunya untuk bersih-bersih. Dilanjutkan dengan makan siang bersama lagi dan sebelum penutupan ada waktu untuk kesan dan pesan selama mengikuti acar makrab ini, dan rata-rata peserta semua senang mengikuti Makrab ini.

Dan akhirnya sekitar pukul 15.00 acara Makrab Ilmu Pemerintahan 2012 resmi di tutup oleh ketua umum KOMAP mas Rajiv Ramunasani. Setelah itu saatnya peserta mempersipakan diri untuk kepulangan dengan bus yang telah dipersiapka oleh panitia.

Demikian lah kisah-kisah indah selama mengikuti  Makrab IP 2012……. Thanks
KOMAP UMY……………………………………..SSSUUUUUPPPPEEEEEEEERRRRR :D      

Sahabat KOMAP UMY